Rabu, 31 Juli 2013

Dilema

Yanng Posting Unknown di 00.34



Novel Dilema karya Alvi Syahrin. Terbitan Bukune tahun 2012. Novel yang bercerita tentang persahabatan, cinta dan keluarga dari Estrella, Kira dan Adri. Mungkin untuk orang yang belum pernah membacanya akan mengira novel ini berkisah tentang cerita cinta segitiga ketika membaca tulisan 'tiga cerita untuk satu rasa' di cover depan novel ini.
   Sebelumnya aku perkenalkan dulu ya tokoh-tokohnya, biar ga bingung.
Estrella : Gadis berambut cokelat kemerahan yang selalu diurai dipunggungnya, bola matanya berwarna cokelat. Gadis keturunan Belanda. Pintar. Tidak suka keramaian. Polos. 
Kira : Gadis mungil. Bersuara cempreng. Cerewet. Teman duduk Estrella.
Adri : Laki-laki anti sosial yang selalu menarik diri dari keramaian. Suka membolos. Suka merokok di taman belakang sekolah. Tinggi 175. Berkulit cokelat agak gelap.

   Novel ini berkisah tentang persahabatan Estrella, Kira dan Adri yang berawal dari ketidaksengajaan. Berawal dari tugas kelompok untuk tugas akhir semester dari Bu Diana. Estrella dan Kira sudah berjanjian akan menjadi satu kelompok, tapi karena satu kelompok dibatasi tiga orang, maka mereka harus mencari satu orang lagi. Maka diputuskannya berkelompok dengan Adri, laki-laki anti sosial yang selalu duduk dibangku pojok belakang. Ternyata diam-diam Kira sudah menyukai Adri dari pertama melihatnya. Dengan adanya tugas kelompok ini Kira menjadi dekat dengan Adri. Adri tidak menjadi seseorang yang anti sosial lagi. Bahkan menjadi friendly.
   Dan akhirnya mereka berpacaran. Tetapi setiap kencannya, Adri selalu memaksa mengajak Estrella untuk ikut. Karena tidak ingin merusak persahabatan mereka. Tetapi malah menimbulkan salah paham bagi Kira. Kira mengira Adri menyukai Estrella. Persahabatan mereka sempat goyah karena sikap egois Kira. Padahal alasan utama Adri mengajak Estrella agar dia tidak merasa kesepian karena orang tuanya yang baru saja cerai, hingga menimbulkan luka di hati Estrella. Tapi pada akhirnya Kira selalu menghabiskan waktu berdua dengan Adri, tanpa Estrella. Disaat-saat Estrella merasa kesepian, datanglah sosok Danny. Laki-laki yang diam-diam memperhatikan punggung Estrella setiap di dalam kelas. Danny membantu setiap Estrella merasa membutuhkannya. Tapi dengan adanya Danny, Estrella tidak merasa kesepiannya terobati. Karena hubungannya dengan Kira menjadi berstatus musuh ketika Kira putus dengan Adri. Kira menyangka penyebabnya adalah Adri menyukai Estrella ketimbang dirinya. Ditengah masalah keluarganya ditambah lagi masalahnya dengan Kira yang tidak kunjung berakhir. Akhirnya Estrella memilih mengikuti saran Danny mengikuti program pertukaran pelajar ke Aussie. Dan ia berhasil!
   Pada akhirnya, hubungan persahabatan mereka kembali seperti semula. Kira yang akhirnya menyesal memusuhi Adri dan Estrella meminta maaf kepada mereka berdua beberapa saat sebelum kepergian Estrella ke Aussie. Dan akhirnya Danny menjadi kekasih Estrella setelah dua tahun dia menahan 'aku sayang kamu' diujung lidahnya. Dibandara. Setelah Estrella balik ke Indonesia.
   Novel ini benar-benar tidak ketebak akhirnya. Tidak seperti novel lainnya. Seperti kehidupan nyata tidak seperti sinetron lebay. Membuat orang membayangkannya tidak terlalu tinggi.
   Sebenarnya banyak sekali quotes di novel ini. Tapi quotes yang paling mengena menurutku ada dibagian akhir halaman.

Cinta bukan soal pelukan maupun ciuman, melainkan kejujuran dan ketulusan.
Dan, tidak butuh 'the end' untuk mengakhiri kisah mereka berdua.
Karena cinta dimulai ketika kita mengakhiri.

0 komentar:

Posting Komentar

 

SI MATA SEMUT Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea